Rabu, 14 Oktober 2015

#ERPT04A Financial and Accounting with Odoo










Selamat Siang....sugeng enjing....

Selamat tahun baru 1437 hijri :)

Kali ini saya akan share artikel yang membahas fungsi akuntansi sesuai peran saya di PT.BZI (Bank Zamrud Indonesia). Tool yang akan digunakan adalah OpenERP : Odoo.

Sedikit pembahasan mengenai apa itu OpenERP....,

OpenERP (sebelumnya dikenal sebagai TinyERP) merupakan open source terpadu perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) perangkat lunak yang diproduksi oleh OpenERP s.a.  Aplikasi OpenERP ini saling terintegrasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam pemakaiannya. OpenERP memiliki client dan komponen server. Server berjalan secara terpisah dari client, untuk server menangani logika bisnis dan berkomunikasi dengan aplikasi database, sedangkan client menyajikan informasi kepada pengguna dan memungkinkan mereka untuk saling beroperasi dengan server, dengan aplikasi client yang tersedia..

OpenERP dapat digunakan dengan menjalankan :
  1. OpenERP Server, digunakan sebagai server.
  2. OpenERP Web-Server, digunakan sebagai web server (optional).
  3. OpenERP Client, digunakan untuk aplikasi desktop.
Dalam pengembangannya OpenERP dibangun berbasiskan dalam bahasa pemrograman Python dan postgreSQL sebagai databasenya, serta dipadu dengan XML dalam proses datanya.

Fungsionalitas bisnis ini diatur dalam modul. Modul adalah folder dengan struktur yang telah ditentukan yang berisi kode Python dan file XML. Modul mendefinisikan struktur data, form, laporan, menu, prosedur, workflows, dll .. Modul didefinisikan menggunakan sintaks client-independent. Jadi, jika ingin menambahkan objek baru, seperti menu atau forms, membuatnya tersedia di setiap client.


Pengantar OpenERP Accaunting Module

OpenERP mendukung implementasi akuntansi biaya melalu fitur Analytic Accounting nya.

A. KONFIGURASI

A.1 Modul Yang Harus Diistall

Implementasi Cost Accounting atau Akuntansi Biaya pada OpenERP membutuhkan secara default sudah terinstall ketika modul account terinstall. Untuk menambahkan fungsionalitas dari Analytic Accounting OpenERP, terdapat beberapa modul tambahan yang bisa diinstal, seperti :
  1. account_analytic_analysis
  2. account_analytic_default
  3. account_analytic_plans
  4. purchase_analytic_plans
  5. sale_analytic_plans
A.2 Memunculkan Tampilan Analytic Account

Secara default Analytic Accounting tidak dimunculkan tampilannya. Untuk menampilkannya, ada opsi yang harus dinyalakan pada user yang ingin melihat analytic accounting.
Opsi tesebut bisa dilihat di data user (Setting -> Users -> Users). Kemudian nyalakan opsi Analytic Accounting pada tab Access Right



Jika opsi tersebut sudah dinyalakan, maka akan muncul menu tambahan untuk menu Analytic Accounting



A.3 Konfigurasi Objek Biaya

Langkah pertama dalam implementasi Cost Accounting adalah membuat Analytical Account untuk setiap object biaya. Objek biaya yang dibuatkan analytical account nya tergantung dari kebutuhan perusahaan.

Analytical Account dapat dibuat pada Accounting -> Configuration -> Analytic Account -> Analytic Account



A.4 Konfigurasi Analytical Journal

Selanjutnya yang perlu didefinisikan adalah Analytical Journal. Analytical Journal dibuat untuk mengelompokan analytical entries berdasarkan tipe transaksinya. 

Minimal dalam satu database perlu mempunyai dua buah anlytical journal, yaitu : (1) sale journal, dan (2) purchase journal

Analytical journal dibuat melalui menu Accounting -> Configuration -> Analytic Accounting -> Analytical Journal




Selanjutnya pada tiap accounting journal yang ingin diotomatisasi sehingga membuat analytic entry harus dipasangkan dengan analytic journal tertentu



B. TRANSAKSI

Perubahan mendasar ketika menginstall modul untuk cost accounting adalah penambahan field analytical account pada journal items. Jadi selain memilih account, user juga diberikan opsi untuk menentukan anakytical account dari sebuah journal item.



Apabila user menentukan analytical account pada sebuah journal item, maka OpeERP akan otomatis membuat analytical entries.



Perbedaan anakytic entries dengan journal entries biasa adalah pada anaytic entries itemsnya hanya satu, tidak ada debit credit.

Fungsi analytic accounting OpenERP terintegrasi dengan modul-modul lainnya (contoh : sale, purchase). Penggunaannya akan penulis.coba bahas di artikel lain.

C. REPORTING

Secara default OpenERP menyediakan beberapa laporan yang berkaitan dengan cost accounting, antara lain :
  1. Cost Ledger
  2. Cost Ledger (Quantity only)
  3. Inverted analytical balance
  4. Analytical balance
 Source : andhi tiarama
Demikian sharing kali ini dari saya, selamat membaca artikel yang lain.

Terima kasih telah berkunjung :)


Unknown

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

 
biz.