Selamat Siang....sugeng enjing....
Selamat tahun baru 1437 hijri :)
Kali ini saya akan share artikel yang
membahas fungsi akuntansi sesuai peran saya di PT.BZI (Bank Zamrud Indonesia). Tool
yang akan digunakan adalah OpenERP : Odoo.
Sedikit pembahasan mengenai apa itu OpenERP....,
OpenERP
(sebelumnya dikenal sebagai TinyERP) merupakan open source terpadu perencanaan
sumber daya perusahaan (ERP) perangkat lunak yang diproduksi oleh OpenERP
s.a. Aplikasi OpenERP ini saling terintegrasi dan bisa disesuaikan dengan
kebutuhan dalam pemakaiannya. OpenERP memiliki client dan komponen server.
Server berjalan secara terpisah dari client, untuk server menangani logika
bisnis dan berkomunikasi dengan aplikasi database, sedangkan client menyajikan
informasi kepada pengguna dan memungkinkan mereka untuk saling beroperasi
dengan server, dengan aplikasi client yang tersedia..
OpenERP dapat
digunakan dengan menjalankan :
- OpenERP Server, digunakan sebagai server.
- OpenERP Web-Server, digunakan sebagai web server (optional).
- OpenERP Client, digunakan untuk aplikasi desktop.
Dalam
pengembangannya OpenERP dibangun berbasiskan dalam bahasa pemrograman Python
dan postgreSQL sebagai databasenya, serta dipadu dengan XML dalam proses
datanya.
Fungsionalitas
bisnis ini diatur dalam modul. Modul adalah folder dengan struktur yang telah
ditentukan yang berisi kode Python dan file XML. Modul mendefinisikan struktur
data, form, laporan, menu, prosedur, workflows, dll .. Modul didefinisikan
menggunakan sintaks client-independent. Jadi, jika ingin menambahkan objek
baru, seperti menu atau forms, membuatnya tersedia di setiap client.
Source :https://www.odoo.com/
Pengantar OpenERP Accaunting Module
OpenERP mendukung implementasi akuntansi biaya
melalu fitur Analytic Accounting nya.
A. KONFIGURASI
A.1 Modul Yang
Harus Diistall
Implementasi Cost
Accounting atau Akuntansi Biaya pada OpenERP membutuhkan secara default sudah
terinstall ketika modul account terinstall. Untuk menambahkan fungsionalitas
dari Analytic Accounting OpenERP, terdapat beberapa modul tambahan yang bisa
diinstal, seperti :
- account_analytic_analysis
- account_analytic_default
- account_analytic_plans
- purchase_analytic_plans
- sale_analytic_plans
A.2
Memunculkan Tampilan Analytic Account
Secara default
Analytic Accounting tidak dimunculkan tampilannya. Untuk menampilkannya, ada
opsi yang harus dinyalakan pada user yang ingin melihat analytic accounting.
Opsi tesebut bisa
dilihat di data user (Setting -> Users -> Users). Kemudian nyalakan opsi
Analytic Accounting pada tab Access Right
Jika opsi tersebut sudah dinyalakan, maka akan
muncul menu tambahan untuk menu Analytic Accounting
A.3 Konfigurasi Objek Biaya
Langkah pertama dalam
implementasi Cost Accounting adalah membuat Analytical Account untuk setiap
object biaya. Objek biaya yang dibuatkan analytical account nya tergantung dari
kebutuhan perusahaan.
Analytical Account
dapat dibuat pada Accounting -> Configuration -> Analytic Account ->
Analytic Account
A.4 Konfigurasi Analytical Journal
Selanjutnya yang perlu didefinisikan adalah Analytical Journal.
Analytical Journal dibuat untuk mengelompokan analytical entries berdasarkan
tipe transaksinya.
Minimal dalam satu database perlu mempunyai dua buah anlytical
journal, yaitu : (1) sale journal, dan (2) purchase journal
Analytical journal dibuat melalui menu Accounting ->
Configuration -> Analytic Accounting -> Analytical Journal
Selanjutnya pada
tiap accounting journal yang ingin diotomatisasi sehingga membuat analytic
entry harus dipasangkan dengan analytic journal tertentu
B. TRANSAKSI
Perubahan mendasar ketika menginstall modul untuk cost accounting
adalah penambahan field analytical account pada journal items. Jadi selain
memilih account, user juga diberikan opsi untuk menentukan anakytical account
dari sebuah journal item.
Apabila user menentukan
analytical account pada sebuah journal item, maka OpeERP akan otomatis membuat
analytical entries.
Perbedaan anakytic
entries dengan journal entries biasa adalah pada anaytic entries itemsnya hanya
satu, tidak ada debit credit.
Fungsi analytic accounting
OpenERP terintegrasi dengan modul-modul lainnya (contoh : sale, purchase).
Penggunaannya akan penulis.coba bahas di artikel lain.
C. REPORTING
Secara default OpenERP
menyediakan beberapa laporan yang berkaitan dengan cost accounting, antara lain
:
- Cost Ledger
- Cost Ledger (Quantity only)
- Inverted analytical balance
- Analytical balance
Demikian sharing kali
ini dari saya, selamat membaca artikel yang lain.
Terima kasih telah
berkunjung :)
0 komentar:
Posting Komentar